Minggu, 19 Juni 2011

SHOLAT RAWATIB

Shalat sunat rawatib adalah shalat sunat yang dikerjakan sebelum dan sesudah shalat fardhu. Yang termasuk shalat sunat rawatib adalah:

1. Qobliyah Dzuhur 2 rakaat, dengan satu kali salam.

Niatnya:
Ushallii sunnatan-zhuhri rak’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum zuhur dua rakaat karena Allah.”

2. Dan ba’diyah Dzuhur 2 atau 4 empat rakaat, juga dengan dua kali salam.

Niatnya:
Ushallii sunnatan-zuhri rak’ataini ba’diyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sesudah zuhur dua rakaat karena Allah”.

 3. Qobliyah Ashar 2 atau 4 rakaat, dengan dua kali salam.

Niatnya:
Ushallii sunnatal-ashri ral’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum ashar dua rakaat karena Allah

 4. Ba’diyah Magrib 2 rakaat, dengan satu kali salam

Niat:
Ushallii sunnatal-magribi rak’ ataini ba’diyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sesudah magrib dua rakaat karena Allah”.

 5. Qobliyah Isya 4 rakaat, dengan dua kali salam

Niatnya:
Ushallii sunnatal-isyaa’I rak’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalt sunah sebelum isya dua rakaat karena Allah

 6. Untuk ba’diyah isya cukup 2 rakaat dengan satu kali salam

Niatnya:
Ushallii sunnatal-isya’i rak’ataini ba’diyyatal lillaahi ta’aalaa
Artinya: “Aku niat shalat sunah sesudah isya dua rakaat karena Allah.”

 7. Qobliyah Subuh 2 rakaat, dengan satu kali salam

Niatnya:
Ushallii sunnatal subhi rak’ataini qabliyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sesudah isya dua rakaat karena Allah.”

Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

Ummu Habibah berkata, “Aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa Shalat dalam sehari semalam dua belas rakaat, akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu empat rakaat sebelum Dzuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum Shalat Subuh.” (HR Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan sahih).

“Dari Aisyah ra, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda: Dua rakaat fajar (qabliyah subuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar